Membuat Ruangan Anti Bising dengan Glasswool - Review dan Ulasan Beragam Hal | OLW8.com

Membuat Ruangan Anti Bising dengan Glasswool


OLW8- Glasswool adalah salah satu fiberglass yang biasa digunakan untuk meredam panas, juga meredam suara. Karenanya, bahan konstruksi ini sering disebut dengan glasswool peredam suara. Lalu bagaimana cara kerja glasswool sehingga menjadi ruangan anti bising? Begini penjelasannya.

Penggunaan Glasswool untuk Meredam Suara

Glasswool  merupakan bahan peredam suara yang efektif untuk digunakan pada ruangan tertutup. Glaswool ini menjadi semacam isolator suara. Sehingga, suara bising yang ada di luar ruangan tidak akan terdengar dari dalam ruangan. Demikian juga sebaliknya, suara bising yang ada di dalam ruangan tidak akan terdengar dari luar.
Umumnya, ruangan-ruangan yang menggunakan peredam suara adalah studio musik. Dengan glasswool, suara musik sekeras apapun tidak akan mengganggu orang-orang di luar ruangan tersebut. Memang, masih ada kemungkinan-kemungkinan suara bising tersebut keluar. Tetapi, kemungkinannya sangat kecil. Atau bisa jadi, hal itu terjadi karena ada kebocoran atau celah pada saat pemasangan.
Baca artikel menarik lainnya:
Kafe atau restoran tertentu juga biasanya menggunakan glasswool untuk menetralisir suara bising kendaraan di luar. Lebih-lebih jika kafe tersebut berada tepat di sisi jalan besar. Kafe dan restoran semacam ini biasanya mengusung konsep indoor yang sama sekali berbeda dengan keadaan di sekitar tempat tersebut.

Cara Kerja Glasswool Meredam Suara

Glasswool terdiri dari serat-serat halus lelehan pasir kuarsa, silica, juga serat kaca. Serat-serat tersebut membentuk rongga pada tekstur glasswool. Rongga inilah yang berfungsi menyerap suara yang ada di sekitarnya. Dengan begitu, suara yang muncul di satu sisi glasswool tidak akan terdengar dari sisi lain.
Namun, biasanya memang tetap ada perbedaan kualitan antara satu produk dengan produk yang lain, meskipun terbuat dari bahan yang sama. Akibatnya, penyerapan bising tidak bisa sepenuhnya. Kadang masih ada saja suara yang lolos. Hal itu bisa disebabkan karena proses yang kurang benar, atau karena kepadatan glasswool peredam suara tersebut kurang.
Oleh sebab itu, memilih glasswool yang berkualitas itu penting, termasuk mencari suplier yang benar-benar menjamin kualitas glasswool yang dijualnya.

Pemasangan Glasswool untuk Meredam Bising pada Ruangan

Glasswool juga tersedia dalam bentuk roll. Warnanya kuning semacam busa gabus. Ketebalannya pun bervariasi. Ada yang tebalnya 5 cm, ada juga yang setengahnya, yaitu 2,5 cm. Kerapatan pemukaan berkisar antara 25 hingga 75 gram/m2.
Untuk memasang glasswool ini, disarankan untuk memakai alat pengaman lengkap. Maksudnya, penggunaan kacamata, masker debu, serta sarung tangan, amat sangat disarankan. Gunakan juga pakaian yang bisa menutup sebanyak mungkin anggota tubuh.
Mengapa? Karena fiberglass ini sering melepaskan debu ketika menerima getaran. Apalagi, setiap kali memasang, selalu ada gerakan menggeser atau hal lain yang menimbulkan getaran pada glasswool. Tentu saja, debu-debu yang terlepas dari glasswool ini tidak baik jika terhirup atau terkena mata. Bahkan, tidak jarang debu ini menimbulkan iritasi dan gatal-gatal jika mengenai kulit.
Sehingga, Anda harus berhati-hati benar ketika memasang glasswool ini. Jika Anda tidak yakin bisa memasangnya sendiri misalnya, Anda bisa mencari tenaga profesional untuk memasang glasswool peredam suara.

Posting Komentar

0 Komentar